Biskuit Kawaii, Ariake Harbour

Pusing cari oleh-oleh khas Yokohama?

Sebenernya hampir semua biscuit di Jepang saya bilang Kawaii atau imut. Maksudnya adalah kemasan maupun cara mereka mengepak sehingga sangat mudah untuk ditenteng tanpa takut hancur. Dan dengan kemasan yang bagus itupun pantas kalau kita ingin memberikan sebagai bingkisan kepada seseorang.

Ada yang menarik perhatian saya ketika berkunjung ke Yokohama baru-baru ini dan mencari oleh-oleh khas apa yang bisa saya bawa pulang. Kebetulan karena beberapa teman saya penggemar barang-barang imut dari Jepang dan yang terlintas adalah biscuit yang hampir seluruhnya punya kemasan lucu.

Toko kue Ariake Harbour letaknya sangat strategis, berhadapan langsung dengan pintu keluar East Gate di station Sakuragicho di dalam pertokoan Yokohama Bazar. Yang membedakan dengan toko-toko kue lainya adalah kemasannya sangat bercirikan “Yokohama” yaitu sebagai kota pelabuhan. Harbour sendiri awalnya adalah sebuah sponge cake yang berisi selai yang dibuat dari chesnut (kenari) yang sangat terkenal dan khas dari Yokohama. Awalnya pada tahun 1954 kue ini dijual dengan nama Maron dan 12 tahun kemudian dirubah menjadi “ Harbour”. Kue ini sempat menghilang beberapa lama karena bangkrut namun tahun 2001 muncul kembali dengan nama Ariake Honkan Harbour Moon karena kerinduan masyarakat akan kehadiran penganan khas ini.

Ariake Harbour menjual kue bulan (moon cake), biscuit dan sponge cake yang masing-masing kemasannya berbeda sesuai dengan isinya walaupun tetap bercirikan gambar anime pelabuhan. Misalnya Kurofune (black ship) berisi coklat pahit. Rata-rata perbungkusnya sekitar ¥157 atau bisa juga yang sudah dikemas dalam 1 pack berisi 6 bungkus dari masing-masing seharga ¥600. Lebih murah tentu saja. Toko Ariake Harbour juga melayani pembelian online. Kamu bisa berkunjung ke websitenya http://www.ariakeharbour.com dalam bahasa Jepang. Atau datang saja langsung ke tokonya sehingga lebih punya banyak pilihan.

Saya membayangkan betapa senangnya teman-teman saya nanti ketika dioleh-olehi snack lucu ini. Saya sendiri saja rasanya sayang membuang kemasannya.

Harbour’s Moon : 1F City Tower Yokohama. Buka setiap hari dari jam 10 pagi hingga 8 malam.

0
0
Эта статья была вам полезна?
Help us improve the site
Give Feedback

Thank you for your support!

Your feedback has been sent.