Keliling Jepang dengan Satu Tiket

Seishun 18 (Seishun Juhachi Kippu)

Semua orang tahu  transportasi di Jepang itu sangat nyaman, tapi ongkosnya lumayan mahal. Bagi kalian yang saat ini berencana tinggal lama di Jepang, harus tahu nih Seishun 18 atau biasa disebut Juhachi Kippu. Tiket Kereta terusan yang bisa digunakan selama 24 jam di seluruh stasiun dan bus bertanda JR (Japan Rail). Harganya, menurut website JR , hanya 11.850 yen. Perlu diingat, tiket ini hanya bisa digunakan pada periode tertentu saja yaitu saat musim dingin dan musim panas, bertepatan dengan masa libur sekolah di Jepang. Tiket ini sangat bermanfaat bagi kalian yang waktu liburannya fleksibel dan ingin menikmati pemandangan selama perjalanan, karena hanya bisa digunakan untuk kereta lokal dan "rapid" di jalur JR.

Tiket Juhachi Kippu ini berlaku untuk lima kali perjalanan di hari yang berbeda jika digunakan oleh satu orang, tetapi bisa juga digunakan untuk lebih dari satu orang. Asyik kan? Teman-teman traveler hanya tinggal menunjukkan tiket kepada petugas di setiap stasiun tujuan kita, jadi tidak perlu melewati palang mesin yang biasa digunakan untuk memasukan tiket. Ini bisa menghemat waktu kita.

Caranya bagaimana? Begini, pertama-tama, tunjukan tiket kepada petugas di stasiun pertama yang kita datangi, nanti dia akan memberi cap sesuai tanggal hari itu. Jika kita hanya bepergian sendiri, petugas hanya memberikan satu cap, kalau satu tiket digunakan untuk berdua, maka akan diberi dua cap. Begitu sampai di stasiun akhir prosedurnya juga sama, cukup perlihatkan tiket tersebut kepada petugas. Mereka akan memeriksa tanggal yang tertera di tiket. Selanjutnya, jika ingin menggunakan kereta lagi pada hari yang sama, tinggal tunjukkan saja lagi tiketnya, petugas hanya memastikan tanggal, tanpa ada cap tambahan. Begitu seterusnya sampai jam 12 malam. Oleh sebab itu kita harus mengetahui rute kereta dan jadwal-jadwalnya, karena tidak jarang kita akan banyak berpindah stasiun untuk tiba sesuai dengan waktu yang direncanakan. Untuk itu, kita perlu browsing peta wisata Jepang di website http://id.japantraveler.com.

Kalian mungkin tanya, apa sih untungnya menggunakan tiket ini? Bila dibandingkan dengan harga tiket normal, penggunaan juhachi kippu sangatlah menguntungkan. Misalnya dari Kyoto ke Tokyo, dengan tiket ini ongkos yang dikeluarkan hanya sekitar 2370 Yen. Sangat murah jika dibandingkan dengan harga tiket kereta normal atau bus malam, apalagi Shinkanshen. Tapi yah itu, waktu tempuhnya sangat lama. Sisi positifnya? Kita bisa menikmati detik demi detik perjalanan kita selama menjelajah suatu tempat di Jepang.

Tiket ini bisa dibeli di semua stasiun JR di Jepang. JR adalah perusahaan kereta yang pelayanannya mencakup hampir semua kota di Jepang. Jadi, jika perjalanan kita harus dilanjutkan dengan bus atau kereta yang bukan JR, misalnya hankyu, keihan, atau kintetsu, maka kita tetap harus membeli tiket.

Jika ada yang masih bingung, jangan takut untuk tinggalkan pertanyaan di baris komentar.

Selamat berlibur!

0
0
Эта статья была вам полезна?
Help us improve the site
Give Feedback

Thank you for your support!

Your feedback has been sent.